cover
Contact Name
Ebit Bimas Saputra
Contact Email
ebitbimas99@gmail.com
Phone
+6282287504359
Journal Mail Official
dinasti.info@gmail.com
Editorial Address
Case Amira Prive Jl. H. Risin No. 64D Pondok Jagung Timur, Serpong Utara, Tangerang Selatan, Indonesia
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS)
Published by DINASTI REVIEW
ISSN : 27163768     EISSN : 2716375X     DOI : https://doi.org/10.38035/jmpis.v1i1
Focus and Scope FOCUS Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS) memfokuskan diri pada riset tentang Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial. Pendekatan metode penelitian meliputi: Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS) memiliki tujuan sebagai berikut: Menyediakan sarana publikasi penelitian empiris dan alternatif bidang Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial. Menyebarkan hasil penelitian ilmiah baru kepada masyarakat. Mempercepat alih pengetahuan dari hasil penelitian empiris dan alternatif ke praktik. Oleh karena itu jurnal ini memuat artikel empiris dan tinjauan kritis baik yang menggunakan pendekatan kuantitatif (mainstream), pendekatan kualitatif (alternatif), maupun metode lainnya. SCOPE Topik yang dapat dimuat dalam jurnal ini adalah topik yang berhubungan dengan: PENDIDIKAN Pengelolaan Kurikulum, Pengelolaan Lulusan, Pengelolaan Proses Pembelajaran, Pengelolaan Sarana dan Prasarana, Pengelolaan Pendidikan, Pengelolaan Pembiayaan, Pengelolaan Penilaian, Pengelolaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Pendidikan Kepemimpinan, Kebijakan dan Perencanaan Pendidikan, Ekonomi Pendidikan, Politik Pendidikan, Sekolah, Akademis, Pendidikan Sains, Matematika, Fisika, Kimia, Bahasa, Sosial, dll Ilmu Sosial Manajemen Ekonomi Politik Hukum Psikologi Komunikasi Humaniora (Budaya, Bahasa, dll) Seni Bidang Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial terapan Scopenya tidak terbatas hanya pada bidang-bidang tersebut. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS) juga mempublikasikan hasil penelitian yang relevan dengan bidang ilmu manajemen dan terapannya.
Articles 55 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 1 (2022): Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (Desember 2022 - Mei 2023)" : 55 Documents clear
Analisis Pengaruh CAR, NPL, LDR dan NIM Terhadap Profitabilitas Perbankan di Indonesia (Literature Review Manajemen Keuangan Perusahaan) Maria Veronika Dora Wesso; Henny A Manafe; Stanis Man
JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL Vol 4 No 1 (2022): Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (Desember 2022 - Mei 2023)
Publisher : Dinasti Review

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38035/jmpis.v3i2.1261

Abstract

Abstract: Previous studies that have a discussion theme have an important role in strengthening the theory as well as the interrelationships and influences between variables. This study reviews CAR, NPL, LDR and NIM in influencing banking profitability in Indonesia. This study the researchers wrote with the intention of determining the hypothesis between variables in the next study. The results of this review are: 1) Capital adequacy ratio (CAR) has a positive or significant impact on profitability (ROA); 2) Nonperforming loans (NPL) have a positive or significant impact on profitability (ROA); 3) Loan to deposit ratio (LDR) has a positive or significant impact on profitability (ROA); 4) Net Interest Margin (NIM) has a positive or significant impact on profitability (ROA); 5) CAR, NPL, LDR and NIM simultaneously have a positive or significant impact on the profitability of banks in Indonesia. Abstrak: Kajian sebelumnya yang memiliki tema pembahasan memiliki peranan penting demi menguatkan teori maupun keterkaitan dan pengaruh antarvariabel. Kajian ini mengulas CAR, NPL, LDR dan NIM dalam memengaruhi profitabilitas perbankan di Indonesia. Kajian ini peneliti tulis dengan maksud menentukan hipotesis antarvariabel pada kajian berikutnya. Hasil dari ulasan ini ialah: 1) Capital adequacy ratio (CAR) memengaruhi positif maupun bermakna pada profitabilitas (ROA); 2) Nonperforming loan (NPL) memengaruhi positif maupun bermakna pada profitabilitas (ROA); 3) Loan to deposit ratio (LDR) memengaruhi positif maupun bermakna pada profitabilitas (ROA); 4) Net Interest Margin (NIM) memengaruhi positif maupun bermakna pada profitabilitas (ROA); 5) CAR, NPL, LDR dan NIM secara bersamaan memengaruhi positif maupun bermakna pada profitabilitas perbankan di Indonesia.
Peran Motivasi Belajar dalam Memediasi Komunikasi Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa/I pada Mata Pelajaran Ekonomi Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Kota Jambi Arpizal Arpizal; Sri Puji Rahayu
JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL Vol 4 No 1 (2022): Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (Desember 2022 - Mei 2023)
Publisher : Dinasti Review

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38035/jmpis.v4i1.1274

Abstract

Abstract: The purpose of this research is to analyze the effect of teacher communication on student learning outcomes, both directly and indirectly through learning motivation as an intervening variable. The population in this study were eleventh grade students of Senior High School (SMA) Negeri 1 Jambi City with a total of 123 students. Methods of data collection using survey methods, followed by statistical methods to test the hypothesis, namely by path analysis. The results of this study indicate that teacher communication has a positive and significant influence on student learning outcomes, both directly and indirectly through learning motivation as an intervening variable. Abstrak: Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh komunikasi guru terhadap hasil belajar siswa/I baik secara langsung maupun tidak langsung melalui motivasi belajar sebagai variable intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa/I Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Kota Jambi kelas sebelas dengan jumlah 123 siswa/I. Metode pengumpulan data menggunakan metode survey, yang dilanjutkan dengan metode statistik untuk menguji hipotesis yaitu dengan analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi guru memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa/I baik secara langsung maupun tidak langsung melalui motivasi belajar sebagai variable intervening.
Studi Komparatif Intensitas dan Hasil Belajar Siswa Laki-Laki Dan Siswa Perempuan di Madrasah Se Kota Tanjungpinang Muhammad Nur; Hairunisa Hairunisa; Siti Mariyah
JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL Vol 4 No 1 (2022): Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (Desember 2022 - Mei 2023)
Publisher : Dinasti Review

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38035/jmpis.v4i1.1370

Abstract

Abstract: The purpose of the research is to find out how the intensity and learning outcomes differ between men and women in Madrasas in the city of Tanjungpinang. In this study, the research subjects were students of class XI and XII MAN Tanjungpinang and MAS Miftahul Ulum. Data analysis techniques used descriptive analysis and t test, with prerequisite tests, namely normality and homogeneity tests. The results of the Anava test on the designation of the significance value on the learning intensity were 0.121 (Sig. > 0.05; Ho was accepted). This means that there is no significant difference in the learning intensity of male and female students in madrasas throughout the city of Tanjungpinang. the average learning outcomes of women obtain learning outcomes that are more optimal than the learning outcomes of students from the male group. The results of the Anava test showed that the significance value of the learning outcomes was 0.121 (Sig. > 0.05; Ho was accepted). This means that there is no significant difference in the learning outcomes of male and female students in madrasas throughout the city of Tanjungpinang. Abstrak: Adapun tujuan penelitain adalah untuk mengetahui bagaimanakah perbedaan intensitas dan hasil belajar antara siswa laki-laki dan perempuan di Madrasah se kota Tanjungpinang. Pada penelitian ini yang dijadikan subjek penelitian adalah siswa kelas XI dan XII MAN Tanjungpinang dan MAS Miftahul Ulum. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji t, dengan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas. Hasil uji Anava pada menunjukan nilai signifikasi pada intensitas belajar tersebut adalah 0.121 (Sig. > 0.05; Ho diterima). Artinya Tidak ada perbedaan signifikan intensitas belajar siswa laki-laki dan perempuan di madrasah se-kota Tanjungpinang Hasil belajar rata-rata siswa laki-laki adalah 71.59 dan siswa perempuan adalah 74.26 tergambar dari pencapaian hasil belajar siswa secara personal maka tampak bahwa rata-rata hasil belajar perempuan memperoleh hasil belajar yang lebih maksimal dibandingkan dengan nilai hasil belajar siswa dari kelompok laki-laki. Hasil uji Anava pada menunjukan nilai signifikasi pada hasil belajar tersebut adalah 0.121 (Sig. > 0.05; Ho diterima). Artinya Tidak ada perbedaan signifikan hasil belajar siswa laki-laki dan perempuan di madrasah se-kota Tanjungpinang.
Pengaruh Manajerial Kepala Sekolah dan Supervisi Kepala Sekolah Melalui Disiplin Kerja sebagai Variabel Mediasi terhadap Kinerja Guru (Suatu Kajian Studi Literatur Manajemen Pendidikan) Damianus Iku; Simon Sia Niha; Henny A. Manafe
JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL Vol 4 No 1 (2022): Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (Desember 2022 - Mei 2023)
Publisher : Dinasti Review

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38035/jmpis.v4i1.1371

Abstract

Abstract: Research that has a suitability will be useful for a literature review that reviews the influence of each variable or the impact on that variable. This research reviews the main literature review factors that have an impact on teacher performance, namely work discipline as an intervention variable, leadership or supervision of school principals, including teacher performance. The results obtained consist of: 1) Managerial principals have a positive and meaningful influence on work discipline; 2) Principal superintendents have a positive and meaningful influence on work discipline; 3) Managerial principals have a positive and significant influence on teacher performance; 4) Principal superintendents have a positive and significant influence on teacher performance; 5) Work discipline has a positive and significant impact on teacher performance; 6) Principal managerial or principal supervision simultaneously has an impact on teacher performance; 7) Work discipline is able to mediate managerial principals that influence teacher performance; 8) Work discipline can mediate to the supervision of the school principal which influences teacher performance. Abstrak: Riset yang memiliki kesesuaian akan bermanfaat untuk kajian pustaka yang mengkaji perihal pengaruh masing-masing variabel atau yang berimbas ke variabel tersebut. Riset ini mengulas perihal kajian pustaka faktor yang berdampak pada kinerja guru ialah disiplin kerja sebagai variabel intervening, kepemimpinan ataupun pengawasan kepala sekolah, termasuk kinerja guru. Hasil yang didapat terdiri atas: 1) Manajerial kepala sekolah memberi pengaruh positif dan bermakna pada disiplin kerja; 2) Supervisi kepala sekolah memberi pengaruh positif dan bermakna pada disiplin kerja; 3) Manajerial kepala Sekolah memberi pengaruh positif dan bermakna pada kinerja guru; 4) Supervisi kepala sekolah memberi pengaruh positif dan bermakna pada kinerja guru; 5) Disiplin kerja memberi pengaruh positif dan bermakna pada kinerja guru; 6) Manajerial kepala sekolah ataupun supervisi kepala sekolah secara simultan memberi dampak ke kinerja guru; 7) Disiplin kerja mampu memediasi pada manajerial kepala sekolah yang memberi pengaruh bagi kinerja guru; 8) Disiplin kerja dapat memediasi ke supervisi kepala sekolah yang memberi pengaruh pada kinerja guru.
Pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Ukuran Pemerintah Daerah, dan Leverage terhadap Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah (Suatu Kajian Studi Literatur Manajemen Keuangan Daerah) Irma Angriani Banunaek; Henny A. Manafe; M.E. Perseveranda
JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL Vol 4 No 1 (2022): Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (Desember 2022 - Mei 2023)
Publisher : Dinasti Review

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38035/jmpis.v4i1.1372

Abstract

Abstract: This article discusses a literature review of factors that have an impact on local government financial performance, namely local revenue, size of local government, and influence. Writing this article intends to determine the hypothesis that has an impact on each variable so that it can be useful for further writing. Writing this article will yield results if 1) Local Own Revenue has a positive or crucial impact on local government financial performance; 2) The size of the local government that influences positively or is crucial to the financial performance of the local government; 3) Leverage has a positive and crucial impact on local government financial performance; 4) Regional original income, size of local government, and leverage which simultaneously have a positive and crucial effect on local government financial performance. Abstrak: Artikel ini Membahas tentang suatu kajian pustaka faktor yang berdampak bagi kinerja keuangan pemerintah daerah, yakni pendapatan asli daerah, ukuran pemerintah daerah, dan leverage. Penulisan artikel ini bermaksud untuk menentukan hipotesis yang berdampak pada masing-masing variabel supaya bisa bermanfaat bagi penulisan selanjutnya. Penulisan artikel ini memberi hasil bila 1) Pendapatan asli daerah berdampak positif maupun krusial bagi kinerja keuangan pemerintah daerah; 2) Ukuran pemerintah daerah mempengaruhi positif maupun krusial bagi kinerja keuangan pemerintah daerah; 3) Leverage berdampak positif maupun krusial bagi kinerja keuangan pemerintah daerah; 4) Pendapatan asli daerah, ukuran pemerintah daerah, dan leverage mempengaruhi positif maupun krusial secara simultan bagi kinerja keuangan pemerintah daerah.
Analisis Kebijakan Pendidikan Islam (Suatu Kajian Studi Letaratur Manajemen Pendidikan) Ahmadi Ahmadi; Minnah El Widdah
JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL Vol 4 No 1 (2022): Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (Desember 2022 - Mei 2023)
Publisher : Dinasti Review

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38035/jmpis.v4i1.1376

Abstract

Abstract: Islamic education is an educational concept that has long existed in Indonesia, even before Indonesia's independence. Birth of Law No. 20 of 2003 concerning the National Education System became the starting point for the development of Islamic Education in Indonesia. This study uses a type of library research (library research) to analyze Islamic education and the law in Law no. 20 of 2003 concerning the National Education System. This is shown by the existence of several Islamic education positions in Law no. 20 of 2003, namely: 1) Islamic Education as an educational institution both formal, non-formal and informal whose existence is explicitly recognized; 2) Islamic education as material or subject of religious education as one of the subjects that must be given at the elementary to tertiary level; and 3) Islamic education as Islamic religious values (value), namely when Islamic values are found in the education system. However, in its implementation there are still problems that make the implementation of Islamic education less than optimal. So that in its implementation, the existence of Islamic education in Law no. 20 of 2003 (Sisdiknas) needs to be supported or spelled out in other regulations. Abstrak: Pendidikan Islam merupakan konsep pendidikan yang telah lama ada di Indonesia bahkan sebelum Indonesia merdeka. Lahirnya UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menjadi pintu awal berkembangnya Pendidikan Islam di Indonesia. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi kepustakaan (library research) untuk menganalisis pendidikan Islam dam UU Dalam UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Hal tersebut ditunjukan dengan beberapa esistensi posisi pendidikan Islam dalam UU No. 20 Tahun 2003, yaitu: 1) Pendidikan Islam sebagai lembaga pendidikan baik formal, nonformal, dan informal yang diakui keberadaannya secara eksplisit; 2) Pendidikan Islam sebagai materi atau mata pelajaran pendidikan agama sebagai salah satu pelajaran yang itu wajib diberikan pada tingkat dasar sampai perguruan tinggi; dan 3) Pendidikan Islam sebagai nilai-niali ajaran agama Islam (value) yakni ketika ditemukannya nilai-nilai Islami dalam sistem pendidikan. Namun dalam pelaksanaanya masih terdapat problematika-problematika yang membuat pelaksanaan pendidikan Islam kurang maksimal. Sehingga dalam pelaksanaanya, eksistensi pendidikan Islam dalam UU No. 20 Tahun 2003 (Sisdiknas) perlu didukung atau dijabarkan dalam peraturan lain.
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pendeteksian Fraud: Kompetensi, Profesionalisme dan Pengalaman Audit (Literature Review Audit) Alfiya Rahmawati; Cris Kuntadi
JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL Vol 4 No 1 (2022): Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (Desember 2022 - Mei 2023)
Publisher : Dinasti Review

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38035/jmpis.v4i1.1377

Abstract

Abstract: This article aims to determine the effect of competence, professionalism and experience of auditors in detecting fraud. This article was carried out by conducting a literature study from various studies that have been done. This article reviews the factors that influence fraud detection, namely: competency, professionalism and audit experience, a study of audit literature. The results of this literature review article are: 1) competency influences fraud detection; 2) professionalism influences fraud detection; and 3) audit experience influences fraud detection. Abstrak: Artikel ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari kompetensi, profesionalisme dann pengalaman auditor dalam mendeteksi fraud. Artikel ini dilakukan dengan melakukan studi literatur dari berbagai penelitian yag sudah dilakukan. Artikel ini mereview faktor-faktor yang mempengaruhi pendeteksian fraud, yaitu: kompetensi, profesionalisme dan pengalaman audit, suatu studi literatur audit. Hasil artikel literature review ini adalah: 1) kompetensi berpengaruh terhadap pendeteksian fraud; 2) profesionalisme berpengaruh terhadap pendeteksian fraud; dan 3) pengalaman audit berpengaruh terhadap pendeteksian fraud.
Eksistensi Kantor Urusan Agama (KUA) dalam Meminimalisir Nikah Sirri di Desa Terusan, Kabupaten Batanghari Iffan Sulaiman; Hindra Masdianto
JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL Vol 4 No 1 (2022): Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (Desember 2022 - Mei 2023)
Publisher : Dinasti Review

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38035/jmpis.v4i1.1378

Abstract

Abstract: The research uses an empirical juridical approach, the type of research is descriptive qualitative with data collection methods through observation, interviews and documentation. Based on the research conducted, the following conclusions were obtained: Economic factors, remote locations, and complicated administrative requirements made people reluctant to register their marriages. Based on this background, this study aims to find out the role of the Office of Religious Affairs in reducing unregistered marriages or unregistered marriages. The results obtained from research in the community around the Terusan Village Religious Affairs Office as the primary data source, it is known that the people of Terusan Village are less aware of the importance of registered marriages and lack of knowledge about the importance of a Marriage Certificate. So that the role of the Office of Religious Affairs is needed in taking action by means of socialization assisted by extension workers and directing people who want to get married in the vicinity of Terusan Village. Abstrak: Penelitian menggunakan pendekatan yuridis empiris, jenis penelitian adalah kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil kesimpulan sebgai berikut: Adanya faktor ekonomi, lokasi yang jauh, dan rumitnya persyaratan administrasi membuat pilihan masyarakat yang enggan untuk mendaftarkan pernikahannya. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran Kantor Urusan Agama dalam mengurangi perkawinan siri atau perkawinan tidak tercatat. Hasil yang diperoleh dari penelitian di masyarakat sekitar Kantor Urusan Agama Desa Terusan sebagai sumber data primer, diketahui bahwa masyarakat Desa Terusan kurang menyadari tentang pentingnya perkawinan yang tercatat dan kurangnya pengetahuan tentang pentingnya Akta Nikah. Sehingga perlunya peran Kantor Urusan Agama dalam melakukan tindakan dengan cara sosialisasi yang dibantu oleh penyuluh dan mengarahkan langsung kepada masyarakat yang hendak melangsungkan perkawinan di sekitar Desa Terusan.
Pengaruh Kualitas Audit, Profitabilitas, dan Leverage Terhadap Opini Audit Going Concern (Literature Review) Wira Eka Banias; Cris Kuntadi
JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL Vol 4 No 1 (2022): Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (Desember 2022 - Mei 2023)
Publisher : Dinasti Review

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38035/jmpis.v4i1.1379

Abstract

Abstract: This article aims to determine the effect of audit quality, profitability, and leverage on going concern audit opinions. Literature review articles are made for the purpose of determining hypotheses between variables. The research was conducted using quantitative methods. This article produces research results, namely Audit Quality and Leverage partially have a significant effect on Going Concern Audit Opinion. Profitability and Ownership Structure partially have no effect on the Going Concern Audit Opinion. Audit Quality, Profitability and Leverage simultaneously affect the Going Concern Audit Opinion. Abstrak: Artikel ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas audit, profitabilitas, dan leverage terhadap opini audit going concern. Artikel literatur review dibuat untuk tujuan menentukan hipotesis antar variable. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif. Artikel ini menghasilkan hasil penelitian yaitu Kualitas Audit dan Leverage secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Opini Audit Going Concern. Profitabilitas dan Struktur Kepemilikan secara parsial tidak berpengaruh terhadap Opini Audit Going Concern. Kualitas Audit, Profitabilitas dan Leverage secara simultan berpengaruh terhadap Opini Audit Going Concern.
Pengaruh Motivasi Kerja , Dan Kompetensi Pegawai Melalui Disiplin Kerja sebagai Variabel Mediasi terhadap Prestasi Kerja Pegawai (Suatu Kajian Studi Literatur Manajemen Sumberdaya Manusia) Yaan Sem Appah; Henny A. Manafe; Cosmas Fernandez; Gaudensius Djuang
JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL Vol 4 No 1 (2022): Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (Desember 2022 - Mei 2023)
Publisher : Dinasti Review

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38035/jmpis.v4i1.1380

Abstract

Abstract: Writing this scientific paper intends to review literature that has an impact on employee performance, namely work discipline which is used as an intervening variable as well as work motivation and employee competence. Writing this scientific paper intends to determine the hypothesis that has an impact on each variable so that it is useful for writing further scientific work. The results obtained are: 1) Work motivation has a positive and significant influence on employee work discipline; 2) Employee competence has a positive or significant impact on employee work discipline; 3) Work motivation has a positive or significant impact on employee performance; 4). Employee competence has a positive or significant impact on employee performance; 5). Employee work discipline has a positive or significant impact on employee work performance; 6). Work discipline can mediate work motivation that affects employee performance; 7) Work discipline can mediate employee competencies that affect employee work performance. 8) Work motivation and employee competence together have a positive and quite important impact on employee performance. Abstrak: Penulisan karya ilmiah ini bermaksud guna mengulas kajian pustaka yang mempunyai dampak pada prestasi kerja pegawai, yakni disiplin kerja yang dijadikan variable intervening serta motivasi kerja dan kompetensi pegawai. Penulisan karya ilmiah ini bermaksud untuk penentuan hipotesis yang mempunyai dampak ke setiap variabel supaya bermanfaat bagi penulisan karya ilmiah selanjutnya. Hasil yang didapat ialah: 1) Motivasi kerja mempengaruhi positif maupun cukup penting pada disiplin kerja pegawai; 2) Kompetensi pegawai mempengaruhi positif maupun cukup penting pada disiplin kerja pegawai; 3) Motivasi kerja mempengaruhi positif maupun cukup penting pada prestasi kerja pegawai; 4). Kompetensi pegawai mempengaruhi positif maupun cukup penting pada prestasi kerja pegawai; 5). Disiplin kerja pegawai mempengaruhi positif maupun cukup penting pada prestasi kerja pegawai; 6). Disiplin kerja dapat melakukan mediasi terhadap motivasi kerja yang mempengaruhi prestasi kerja karyawan; 7) Disiplin kerja dapat melakukan mediasi terhadap kompetensi pegawai yang memengaruhi prestasi kerja karyawan. 8) Motivasi kerja maupun kompetensi pegawai secara bersama-sama mempunyai dampak pada positif dan cukup penting pada prestasi kerja karyawan.